Mengenal Object Storage

Apakah itu Object Storage ? Mengapa terlihat salah satu trend yang sangat kuat sekarang ini adalah penggunakan S3 Compatible Object Storage ?

Dalam dunia Cloud Computing saat ini permasalah storage menjadi hal yang sangat menarik. Selain secara teknologi menjadi sangat dinamis dan memanjakan, tetapi juga secara konseptual membuat paradigma berfikir tentang sebuah terminologi data storage menjadi berkembang dalam kolaborasi fungsi dan interkoneksi.

Object Storage adalah sebuah solusi penyimpanan yang menyimpan sekaligus data, metadata dan pengenal global sebagai satuan-satuan (units) yang disebut dengan Objects. Yang kemudian object-object ini dikumpulkan dalam berbagai penampung yang diistilahkan dengan buckets.

Apa yang membedakannya dengan Block Storage ?

Block Storage bekerja dengan membagi file menjadi blok-blok data yang kecil-kecil. Biasanya hanya sedikit/minimal metadata yang disimpan bersama blok tersebut, pada umumnya metadata deskriptif disimpan dalam file atau database terpisah.

Block Storage menyimpan lokasi blok dalam sebuah tabel. Setiap kali file akan diambil, maka tabel diakses untuk mendapatkan lokasi blok dari file tersebut. Tabel tersebut berbeda dari tabel yang digunakan untuk menyimpan metadata, sehingga perlu waktu ekstra untuk mengambil informasi penting (metadata) dari file. Karenanya, diperlukan sebuah server yang menyediakan sejumlah tempat khusus secara fisik dalam volume tertentu.

Berbeda dengan block storage, pada setiap object storage terdapat global identifier yang memungkinkan kita mengakses objects tanpa harus mengetahui lokasi fisik nya. Disamping itu dalam object storage, data/file kita disimpan dalam tipe file aslinya. Sehingga mempercepat waktu pengambilan karena data tidak perlu proses penyatuan kembali dari unit yang lebih kecil sebelum mengembalikannya kepada yang meminta data (client) sebagaimana berlaku di block storage. Object storage tidak memerlukan sebuah server, dan sebagai gantinya tinggal memberikan akses ke data objek melalui Internet.

Keunggulan dari Block Storage adalah pada model penyimpanan database yang besar (biasanya terstruktur) serta sering diupdate / diperbarui , disisi lain Object Storage sangat ideal dan unggul untuk data statis, unstructured dan jarang diubah.

Keuntungan dan Keterbatasan menggunakan Object Storage

Object Storate selalu tersedia dan dapat dibesarkan tanpa batas karena objek disimpan secara flat namespaces, yang artinya tidak ada batasan jumlah data yang disimpan. Sangat mudah diakses dan dapat memiliki metadata yang sangat kaya berbagai tujuan pengorganisasian data. Setiap objek memiliki global identifier, sehingga dapat diretrive dan dikendalikan tanpa membutuhkan infrastruktur.

Kunggulan lainnya adalah Object Storage dapat diversioning, sehingga kita dapat memiliki berbagai version dalam satu bucket yang sama yang ditandai dengan nomor versi nya. Walaupun demikian keunggulan dari sisi versioning ini perlu kita sikapi dengan bijaksana, karena akan ada cost disana.

Disisi lain, ternyata Object Storage memiliki keterbatasan yang justru menjadi keunggulan bagi Block Storage. Object storage yang sudah tersimpan tidak dapat dimodifikasi pada level block dan harus ditulis ulang secara keseluruhan setiap ada perubahan. Hal ini menjadikan Object Storage sangat tidak cocok untuk kondisi penyimpanan yang banyak melakukan operasi baca/tulis seperti yang diperlukan database atau data transaksi.

Trafik data Object Storage diakses melalui protokol HTTP, dan ini lambat, jauh dibawah kecepatan database system/block storage.

Secara umum, object storage sangat unggul untuk kondisi yang memerlukan akses files/data yang tidak sering berubah atau cenderung statis, seperti untuk kasus-kasus :

  • kebutuhan akses terhadap data Images, Video, Audio dan Dokumen
  • akses pada unstructure data seperti log files, pdf, maps, multimedia files
  • Big data
  • File-file static website
  • Cold storage, inactive data, backup

Trend penggunaan Object storage

Seiring banyak nya kebutuhan unstructure data yang didominasi dengan data statis baik dalam penyimpanan maupun kemudahan atau fleksibilitas akses nya. Maka solusi Obejct Storage menjadi salah satu solusi yang sangat cocok. Teknologi ini memang lahir dari dinamika dan perubahan dunia Internet, karena itu tidak heran kalau potensi nya berkembang sejalan dengan peningkatan kecanggihan teknologi internet secara luas. Konsep object oriented yang bermulai didunia programming, kini mulai bersimbiosis dengan data storage, menciptakan perubahan pola fikir baru dala membangun solusi teknologi informasi saat ini dan di masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *