Cloud Computing

Salah satu pendorong terjadinya revolusi industri 4.0 adalah cloud computing (komputasi awan). Dahulu, perusahaan membutuhkan modal dan biaya besar untuk memiliki dan mengoperasikan komputer canggih yang menjalankan aplikasi di internet. Dengan adanya cloud computing, perusahaan atau startup dapat memiliki server untuk aplikasi web dan mobile tanpa harus membeli komputer server, menyewa bandwidth internet, dan memilki ruang server. Mengapa bisa demikian?

Sekarang banyak penyedia layanan cloud untuk publik dengan biaya murah sesuai dengan kebutuhan pengguna. Ukuran dan kemampuan komputer di cloud juga mudah diatur sendiri oleh pengguna. Perusahaan cloud yang terkenal adalah Amazon dengan AWS (Amazon Web Services), Google dengan GCP (Google Cloud Platform), Microsoft Azure, IBM Cloud, dan lain-lain.

Software atau aplikasi untuk mengelola infrastruktur cloud juga tersedia secara berbayar (propretary software) seperti VMWare Server, dan Microsoft Azure Stack, yang dapat digunakan sebagai cloud privat atau on-premise (ditempatkan di infrastruktur TI privat, misal di ruang server yang dimiliki organisasi). Software untuk mengelola infrastruktur cloud privat maupun publik juga ada yang tersedia secara “gratis” (tanpa biaya royalti) dan kode sumbernya terbuka (open source), antara lain OpenStack dan Kubernetes.

Teknologi cloud terus berkembang dan berubah dengan cepat. Infrastruktur cloud yang awalnya hanya menggunakan teknologi virtualisasi (virtualization) dengan contoh produk populer disebut mesin virtual (misal VMWare Workstation dan VirtualBox), kemudian muncul teknologi kontainerisasi (containerization) dengan salah satu produk populer saat ini Docker.

Perubahan dan perkembangan cepat itu menuntut SDM di bidang digital atau TIK terus meng-update ilmu dan skill-nya. Banyak perusahaan yang bertransformasi dari konvensional ke digital menyebabkan tidak seimbangnya antara kebutuhan dan ketersediaan SDM cloud. Untuk itulah kami hadir memberikan jasa pelatihan di bidang cloud dan teknologi digital lainnya.

Jika Anda ingin memahami konsep dasar cloud dan ingin memiliki skill dalam menggunakan teknologi cloud Docker serta memanfaatkan infrastruktur cloud AWS (Amazon Web Services), kami DIGITOS Digital Training 4.0 akan mengadakan workshop sehari Cloud Computing dengan Docker dan AWS. Tunggu info lebih lanjut dari kami terkait berita ini.

Update info seputar revolusi industri 4.0 dan pelatihan yang kami sediakan dapat diakses melalui halaman depan Digitos Digital Training 4.0.

2 Comments:

  1. Rencana tgl berapa seminar nya ?

    • selamat pagi bpk muslimin , saya sendy dari team digitos
      sebelumnya saya boleh minta Data Bpk untuk menindaklanjuti/memberikan Info sekitar Workshop2 Digitos yang akan datang,dengan mengisi :

      Nama Lengkap :
      No.Tlp :
      Email :

      sebelumnya kami ucapkan terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *